Selasa, 05 Maret 2024

Bagaimana Cara Membuat Umpan Ikan Gabus?

bgdaisengamesDi dalam dunia pemancingan, ikan gabus adalah jenis ikan yang dianggap paling sulit untuk didapatkan, apalagi jenis ikan gabus liar. Masalah terbesar yang pemancing hadapi adalah cara membuat umpan ikan gabus.
Dalam buku Petunjuk Praktis Memancing Ikan Air Tawar, halaman 74, menjelaskan, bahwa ikan gabus merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar, seperti halnya sungai, rawa, danau, dan juga parit.
Ikan gabus ini tergolong jenis ikan predator, yang memakan hewan kecil atau serangga kecil.

Resep Jitu Cara Membuat Umpan Ikan Gabus

Cara membuat umpan ikan gabus. Foto hanyalah ilustrasi. Sumber: Pexels/Fotografer
zoom-in-whitePerbesar

1. Menggunakan cacing tanah

Ikan gabus sangat suka memakan cacing. Sebab cacing tanah memiliki bau amis yang menggugah selera makan ikan gabus. Hal ini dapat Anda manfaatkan sebagai umpan.
Pada umumnya cacing berada di dalam tanah gembur. Namun, jika tidak mau repot-repot mencari, Anda bisa nembelinya di toko pakan ikan.

2. Ikan kecil

Cara membuat umpan ikan gabus yang berikutnya, dengan menggunakan ikan kecil seprerti wader, sepat, dan anak ikan emas.
Seperti pembahasan di atas, ikan gabus merupakan jenis ikan predator yang gemar memakan ikan kecil, sehingga Anda bisa memanfaatkan ikan kecil ini sebagai umpan memancing.
Cara membuat ikan umpan gabus dengan menggunakan ikan-ikan kecil sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengaitkan mata kail pada pancing dengan ikan kecil di bagian punggungnya.

3. Katak kecil

Banyak yang menyarankan untuk menjadikan katak kecil sebagai umpan ikan gabus. Pada dasarnya ikan gabus adalah ikan predator yang memakan hewan-hewan kecil, salah satunya katak.
Caranya cukup mudah, cukup kaitkan kail ke punggung katak kecil. Usahakan katak dalam kondisi hidup, sebab gerakan katak di dalam air dapat menarik perhatian ikan gabus.

4. Belalang kayu dan jangkrik

Cara membuat umpan ikan gabus yang selanjutnya dengan menggunakan belalang kayu dan jangkrik. Banyak yang mengatakan, selain memakan hewan-hewan kecil yang hidup di air, ikan gabus juga suka memakan serangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Cara Membuat Umpan Ikan Gabus?

bgdaisengames |  Di dalam dunia pemancingan, ikan gabus adalah jenis ikan yang dianggap paling sulit untuk didapatkan, apalagi jenis ikan ...